Kamis, 17 November 2016

Inspirasi Usaha Industri Kreatif


www.google.com


Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Pada zaman sekarang ini banyak industri yang berpontensi menjanjikan dalam menghasilkan keuntungan salah satunya industri kreatif. Apa sih industri kreatif itu..?. Industri kreatif merupakan kelompok industri yang terdiri dari berbagai jenis industri yang masing-masing memiliki keterkaitan dalam proses pengeksplotasian ide dan kekayaan intelektual menjadi nilai ekonomi yang tinggi yang dapat menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan. Berikut ini jenis-jenis industri yang termasuk industri kreatif:
1.    Periklanan
Kegiatan Kreatif yang berkaitan dengan jasa periklanan (komunikasi satu arah dengan menggunakan medium tertentu), yang meliputi proses kreasi, produksi dan distribusi dari iklan yang dihasilkan.
2.    Arsitektur
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan jasa desain bangunan, perencanaan biaya konstruksi, konservasi bangunan warisan, pengawasan konstruksi secara menyeluruh.
3.    Pasar Seni dan Barang Antik
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan perdagangan barang-barang asli, unik dan langka serta memiliki estetika seni yang tinggi melalui lelang, galeri, toko, pasar swalayan, dan internet.
4.    Kerajinan
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi, dan distribusi produk yang dibuat dihasilkan oleh tenaga pengrajin yang berawal dari desain awal sampai proses penyelesaian produknya. Pada umumnya hanya diproduksi dalam jumlah relatif kecil.
5.    Desain
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan desain grafis, desain interior, desain produk, desain industry, konsultasi identitas perusahaan dan jasa riset pemasaran serta produksi kemasan dan jasa pengepakan.
6.    Fasion
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi desain pakaian, desain alas kaki dan desain aksesoris mode lainnya, produksi pakaian mode, konsultasi lini produk fasion, serta distribusi produk fasion.
7.    Vidio, Film dan Fotografi
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi produksi video, film, dan jasa fotografi serta distribusi rekaman video dan film. Termasuk didalamnya penulisan skrip, dubbing film, sinematografi, sinetron, dan eksbisi film.
8.    Permainan Interaktif
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi, dan distribusi permainan computer dan video yang bersifat hiburan, ketangkasan, dan edukasi. Subsektor permainan interaktif bukan didominasi sebagai hiburan semata-mata tetapi juga sebagai alat bantu pembelajaran atau edukasi.
9.    Musik
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi komposisi, pertunjukan, reproduksi, dan distribusi dari rekaman suara.
10.  Seni Pertunjukan
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha pengembangan konten, produksi pertunjukan, desain dan pembuatan busana pertunjukan, tata panggung, dan tata pencahayaan.
11.  Penerbitan dan Percetakan
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan penulisan konten dan penerbitan buku, jurnal, koran, majalah, tabloid, dan konten digital serta kegiatan kantor beritan dan pencari berita. Kelompok ini juga mencakup penerbitan perangko, materai, blangko cek, giro,dll.
12.  Layanan Komputer dan Piranti Lunak
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan pengembangan teknologi informasi termasuk jasa layanan computer, pengolahan data, pengembangan database, pengembangan piranti lunak, intregrasi system, desain dan analisis system dll.
13.  Televisi dan Radio
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha kreasi, produksi dan pengemasan acara televise penyiaran dan transmisi konten acara televisi  dan radio, termasuk kegiatan station relay, siaran radio dan televise.
14.  Riset dan Pengembangan
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha inovatif yang menawarkan penemuan ilmu dan teknologi dan penerapan ilmu dan pengetahuan tersebut untuk perbaikan produk dan kreasi produk baru, proses baru, material baru, alat baru, metode baru dan teknologi baru untuk memenuhi permintaan pasar.
15.  Kuliner
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan konsumsi makanan setiap hari-hari. Kuliner merupakan industri kreatif yang berkembang pesat dimanapun dan menguntungkan bagi pelaku usaha.
Semoga tulisan diatas dapat menjadikan refrensi untuk memulai usaha sobat semua. Mari kita ciptakan peluang usaha sebanyak mungkin untuk membantu kemajuan negara kita Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar