Jumat, 28 Oktober 2016

Mengintip Koleksi Museum Malang Tempo Doeloe




Foto: Duwi Andia Putra

Museum Malang Tempo Doeloe tempat dimana terdapat cerita sejarah Kota Malang yang sekarang sudah menjadi 3 wilayah yaitu Kota Batu, Kota Malang, dan Kabupaten Malang. Kurang lebih 3 bulan yang lalu saya sempat berkunjung ke Museum MTD yang berlokasi di jalan Gajahmada, belakang Balai Kota Malang. Sobat semua tidak usah bingung untuk berkunjung ke Museum MTD karena tiket masuknya yang terjangkau seharga Rp.15.000 dan lokasinya mudah ditemukan apalagi sekarang sudah jaman moderen jadi pake aplikasi GPS juga bisa kalau memang sobat tidak tahu.

Museum MTD menceritakan sejarah Malang Raya yang dikemas secara moderen dan juga terdapat peninggalan-peninggalan jaman dahulu seperti keris, buku-buku, alat dapur jaman kuno, dan replika-replika sejarah kerajaan maupun penjara jaman penjajahan dulu. Manfaat jika sobat berkunjung ke Museum MTD

Replika Penjara Zaman Belanda

Foto: Duwi Andia Putra

Sobat  dapat menikmati keunikan yang dimiliki Museum MTD tentu saja pembagian periode waktu yang disesuaian dengan urutan sejarah dari Kota Malang. Mulai dari jaman purbakala yang berlangsung sekitar 1,5 juta tahun yang lalu. Ada banyak sekali benda-benda purbakala yang dulu digunakan oleh manusia purba untuk bertahan hidup.

Sobat akan menemukan suasana kerajaan-kerajaan yang dulu pernah berjaya di Malang, seperti Kerajaan Singasari, Kerajaan Kediri, dan Kerajaan Kanjuruhan yang menjadi bagian dari penemuan pondasi pertama yang ditemukan oleh Pemerintah Hindia Belanda tahun 1716. Museum MTD juga menceritakan sejarah walikota yang pernah menjabat di Kota Malang dari jaman belanda sampai sekarang dan masih banyak cerita yang tersimpan di Museum MTD.

Replika Ruang Kerajaan

Foto: Duwi Andia Putra

Sobat tertarik untuk mengintip koleksi yang ada di Musuem MTD yuk segera berkunjung dan berwisata di Malang saya jamin pasti seru dan berkesan banget

Tidak ada komentar:

Posting Komentar