Jumat, 02 Desember 2016

contoh soal mesin frais


1. Sebutkan pengertian dasar dari Mesin Frais (Milling Machine)?

Mesin frais (milling machine) adalah mesin perkakas yang dalam proses kerja pemotongannya dengan menyayat/memakan benda kerja menggunakan alat potong bermata banyak yang berputar (multipoint cutter). Pada saat alat potong (cutter) berputar, gigi-gigi potongnya menyentuh permukaan benda kerja yang dijepit pada ragum meja mesin frais sehingga terjadilah pemotongan/ penyayatan dengan kedalaman sesuai penyetingan sehingga menjadi benda produksi sesuai dengan gambar kerja yang dikehendaki


2. Jelaskan gambaran tentang mesin Frais Horizontal?
           Mesin frais horizontal (Gambar 87), alasnya (base) dari besi tuang kelabu, yang mendukung seluruh komponen dan dibaut fondasi serta berfungsi untuk menampung cairan pendingin yang mengalir ke bawah, di mana di dalam kolom (coulumn) terdapat mesin pompa yang memompa cairan tersebut untuk kemudian disirkulasi lagi ke atas meja (table).

3. Apa yang menentukan kualitas hasil pengerjaan proses frais ?
Salah  satu  faktor  yang  menentukan  baik  buruknya  kualitas  hasil pengerjaan proses frais adalah
a.       bentuk/geometri permukaan atau bidang- bidang utama dari alat potong/cutter frais itu sendiri
b.      cutter yang digunakan
c.       Permukaan  cutter (sudut tatal, sudut bebas sisi, sudut bebas depan, sudut bebas mata potong, dan udut bebas belakang)
4. Apa yang dimaksud dengan metoda pemotongan netral
          Merupakan pemotongan yang terjadi apabila lebar benda  yang  disayat  lebih  kecil  dari  ukuran  diameter  pisau  atau diameter  pisau  tidak  lebih  besar  dari  bidang  yang  disayat
5. Sebutkan 3 jenis pisau Frais beserta fungsinya
a.      Pisau Mantel : untuk  pemakanan  permukaan  kasar  (Roughing)  dan lebar.
b.      Pisau Alur : untuk  membuat  alur  pada  bidang permukaan benda kerja
c.      Pisau Frais Gigi : untuk membuat roda gigi sesuai jenis dan jumlah gigi yang diinginkan
6. Sebutkan macam-macam perlengkapan pada mesin frais dan fungsinya.
a.       Ragum berfungsi sebagai penjepit benda kerja
b.      Kepala Pembagi adalah peralatan mesin frais yang digunakan untuk membentuk segi beraturan pada poros yang panjang. Pada  peralatan  ini  biasanya  dilengkapi  dengan  plat  pembagi  yang berfungsi  untuk  membantu  pembagian  yang  tidak  dapat  dilakukan dengan pembagian langsung.
c.       Kepala lepas digunakan  untuk  menyangga  benda kerja  yang  dikerjakan  dengan  dividing  head.  Sehingga  waktu  disayat benda kerja tidak terangkat atau tertekan ke bawah.
d.      Rotary table digunakan  untuk  membagi  segi-segi beraturan misalnya kepala baut. Di samping itu juga dapat digunakan untuk membagi jarak-jarak lubang yang berpusat pada satu titik misalnya membagi lubang baut pengikat pada flendes.
e.       Stub arbor berfungsi sebagai tempat  dudukan  (pengikatan)  cutter  sebelum dipasang pada sarung tirus pada sumbu utama.
f.      Arbor sebagai tempat pisau pada mesin frais  yang posisinya diatur dengan pemasangan ring arbor.
7. Sebutkan macam-macam ragum dan pengaplikasianya.
a.       Ragum  biasa  digunakan  untuk  menjepit  benda  kerja  yang bentuknya  sederhana  dan  biasanya  hanya  digunakan  untuk mengefrais bidang datar saja. Bagian bawah ragum dapat disetel posisinya sesuai dengan posisi benda kerja yang akan difrais.
b.      Ragum berputar digunakan untuk menjepit benda kerja yang harus membentuk sudut terhadap spindle. Bentuk ragum ini sama dengan ragum biasa tetapi pada bagian bawahnya terdapat alas yang dapat diputar hingga sudut 360°. Ragum ini juga diletakkan di atas meja mesin frais secara horizontal yang diikat dengan mur baut dengan kuat. Bagian tengahnya terdapat skala nonius yang dapat digunakan untuk menentukan sudut putaran yang dikehendaki.
c.       Ragum universal mempunyai dua sumbu perputaran, sehingga dapat diatur  letaknya  baik  secara  horizontal  maupun  vertikal.  Ragum universal dapat mengatur sudut benda kerja yang akan dikerjakan dalam berbagai posisi. Sehingga pengerjaan benda kerja dapat dari arah vertikal maupun horizontal.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar