Senin, 21 November 2016

Ilmu Paham



www.google.com


1.    Paham adalah tingkat terbawa dalam ilmu yang kita pelajari. Ini merupakan wilayah kejernihan logika berfikir dan dalam kerendahan hati. Ilmu tidak membutakannya, malah menjadikan kaya.

2.    Kurang Paham pada tingkatan ini jika orang kurang paham akan terus belajar sampai dia paham, dia akan terus bertanya untuk mendapatkan simpul-simpul pemahaman yang benar.

3.    Salah Paham pada tingkatan ini biasanya rasa emosi dikedepankan, sehingga tidak sempat berfikir jernih. Dan ketika mereka akhirnya paham biasanya mereka meminta maaf atas kesalah-pahamannya, jika dia tidak meminta maaf maka akan menjadi,..

4.    Gagal Paham pada tingkatan ini biasanya kesombongan yang dikedepankan sehingga merasa berilmu dia sudah tidak mau lagi menerima masukan dari siapapun, atau pilih-pilih hanya mau menerima ilmu dari yang dia suka saja bukan ilmu yang disampaikan tapi siapa yang menyampaikannya. Dia mungkin tertutup hatinya, akal pikirannya, pendengarannya, logikanya ia selalu merasa cukup denga pendapatnya sendiri parahnya lagi jika dia tidak menyadari bahwa pemahaman yang gagal itu, menjadikan bahan tertawaan orang yang paham.Dia tetap dengan dirinya dan dia bangga dengan kegagalan pahamnya.

Jika orang semakin paham akan semakin membumi, merunduk, dan merendah seperti yang ada pada filosofi ilmu padi semakin tua akan semakin merunduk. Orang yang paham akan menjadi bijaksana, karena akhirnya dia tahu, bahwa sebenarnya banyak sekali ilmu yang belum dia ketahui, dia seakan-akan merasa tidak tahu apa-apa. Dia terus menerima ilmu, dari siapapun dan dari manapun datangnya tanpa melihat siapa yang menyampaikan tetapi yang dia lihat adalah ilmu apa yang disampaikan.

Apabila diperumpamakan antara orang paham dan gagal paham. Orang paham akan memandang ilmu itu seperti air yang selalu mengalir ketempat yang lebih rendah jadi semakin rendah hatinya semakin tercurah ilmu kepadanya. Sedangkan gagal paham merupakan ilmu tingkat tinggi dia seperti balon gas yang berada diatas awan jadi dia terbang dengan kesombongannya, memandang rendah  ke-ilmuan lain yang tak sepaham dengannya.

Semoga bermanfaat bagi sobat semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar