Sabtu, 22 Oktober 2016

Keselamata Kesehatan Kerja



Assalamualaikum wr wb

Hai sobat pencinta otomotif pada kesepatan ini saya akan membahas sekitar dunia otomotif karena saya merupakan orang yang hobby terhadap ilmu dan perkembangan tentang dunia otomotif. Sebelum melangkah ke pembahasan lebih lanjut sobat udah tau apa belom definisi otomotif..? Mungkin ada yang sudah tahu, ada juga yang belom tahu, atau ada yang setengah- setengah tahunya.

Otomotif adalah ilmu yang mempelajari tentang mesin kendaraan bermotor seperti sepeda motor maupun mobil didalam ilmu otomotif terdapat kemampuan dasar yang meliputi Matematika, Kimia, dan Fisika. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas ilmu otomotif sepeda motor karena kecintaan saya terhadap sepeda motor dan jurusan yang saya tempuh semasa sekolah SMK dulu.Hal yang perlu diperhatikan saat kita memutuskan terjun ke dunia otomotif selain knoledge, skill, dan attitude adalah keselamatan kerja
Sumber: www.google.com

Keselamatan kerja merupakan upaya  yang  dilakukan  untuk mengurangi  terjadinya  kecelakaan,  kerusakan  dan  segala  bentuk kerugian  baik  terhadap  manusia,  maupun  yang  berhubungan  dengan peralatan,  obyek  kerja,  bengkel  tempat  bekerja,  dan  lingkungan  kerja, secara langsung dan tidak langsung. Sejalan dengan kemajuan teknologi, maka permasalahan   keselamatan kerja menjadi salah satu aspek yang sangat  penting,  mengingat  resiko  bahaya  dalam  penerapan  teknologi juga  semakin  kompleks.  Keselamatan  kerja  merupakan  tanggungjawab semua  orang  baik  yang  terlibat  langsung  dalam  pekerjaan  dan  juga masyarakat produsen dan konsumen pemakai teknologi pada umumnya.

Menurut Mangkunegara (2002, p.165) bahwa tujuan dari keselamatan dan kesehatan kerja adalah sebagai berikut:
a. Agar setiap pegawai mendapat jaminan keselamatan dan kesehatan kerja baik secara fisik, sosial, dan psikologis.
b. Agar setiap perlengkapan dan peralatan kerja digunakan sebaik-baiknya selektif mungkin.
c. Agar semua hasil produksi dipelihara keamanannya.
d. Agar adanya jaminan atas pemeliharaan dan peningkatan kesehatan gizi pegawai.
e. Agar meningkatkan kegairahan, keserasian kerja, dan partisipasi kerja.
f. Agar terhindar dari gangguan kesehatan yang disebabkan oleh lingkungan atau kondisi kerja.
g. Agar setiap pegawai merasa aman dan terlindungi dalam bekerja

Berikut alat keselamatan kesehatan kerja supaya terhindar dari kecelakaan kerja :
Helmet
Sarung Tangan
Sepatu Safety
Penutup Telinga
Kacamata Pengaman
Masker
Pelindung Wajah
Semoga pembahasan saya tadi bermanfaat bagi para pembaca. Mohon kritik dan sarannya dari pembaca supaya dapat memperbaiki tulisan saya ini kedepannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar